10 Ungkapan Bahasa Inggris yang Paling Sering Digunakan Sehari-Hari



Dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar, baik di sekolah, kantor, ataupun lingkungan lainnya, kita sering mendengar ungkapan yang sering digunakan. Saking seringnya digunakan, orang sudah tidak asing lagi dengan ungkapan tersebut.

Nah, ungkapan-ungkapan bahasa Inggris ini paling sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Tak hanya di negara-negara berbahasa Inggris, tetapi juga kita sering mendengarnya di Indonesia di lingkungan sekitar kita.




Inilah 10 ungkapan berbahasa Inggris yang paling sering digunakan beserta penjelasan dan contohnya.



1.    Twenty four seven (24/7)

Angka 24 di sini mengacu pada jumlah jam dalam sehari dan angka 7 mengacu pada jumlah hari dalam seminggu. Ketika seseorang mengungkapkan 24/7, dia bermaksud mengatakan setiap hari, setiap jam, bahkan setiap menit dan detik.

Contoh dari ungkapan ini misalnya: “You can access this blog 24/7”. Artinya, Anda bisa mengakses ini setiap hari, setiap menit, bahkan setiap detik.

2.    Get the ball rolling

Secara literal, ini berarti: biarkan bola itu menggelinding. Namun secara makna, ungkapan ini berarti memulai sesuatu. Ketika Anda ingin mengerjakan proyek baru misalnya, Anda bisa mengatakan. “Just get the ball rolling”. Artinya kurang lebih, kita mulai saja sekarang.

3.    Sick and tired

Sick and tired, secara harfiah berarti “sakit dan lelah”. Ungkapan ini bisa digunakan untuk mengekpresikan kekesalan, kekecewaan, bosan, akibat sesuatu yang buruk menerpa Anda dalam waktu yang cukup lama. Kondisi itu membuat Anda kesal dan ingin marah-marah.

Contoh ungkapan ini misalnya:

-         I’m sick and tired of trying to lose weight (Saya lelah setiap kali mencoba mengurangi berat badan)
-         You always give me the same excuses and I’m sick and tired of hearing them (Kamu selalu memberikan alasan yang sama dan saya muak mendengarnya!)

4.    Take it easy
Seacara bebas, dalam bahasa Indonesia, ungkapan ini bisa berarti “santai saja”. Ungkapan ini digunakan ketika kita tidak punya rencana khusus untuk melakukan sesuatu.

Jadi, ketika Anda tengah berlibur dan belum punya rencana apa pun untuk mengisi liburan itu, Anda bisa mengatakan “I’ll take it easy”. Ini berarti, santai saja.

5.    Long time no see

Ungkapan ini paling sering digunakan ketika bertemu dengan orang yang sudah lama tidak kita jumpai. Ini semacam ungkapan pembuka ketika bertemu dengan orang tersebut.

Jadi, ketika Anda bertemu dengan orang yang sudah lama tidak Anda jumpai dan tidak Anda ketahui kabarnya, Anda bisa mengatakan: “Hi! How are you?! Long time no see.”

6.    I’m broke

Broke berarti bangkrut. Namun, di sini bukan berarti bangkrut sebenarnya. Ini hanyalah ungkapan ketika Anda tidak punya cukup uang. Ungkapan ini sering sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, ketika Anda merasa tidak punya cukup uang, Anda bisa mengungkapkannya dengan mengatakan, “I’m broke. I have no money.”

7.    Beat around the bush

Secara bebas, ungkapan ini bisa diartikan sebagai basa-basi. Basa-basi sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari bukan? Tentu saja, karena itu adalah cara untuk mengungkapkan sesuatu kepada orang lain agar orang tersebut tidak tersinggung.

Namun, kadang-kadang, basa-basi ini cukup membuat kita jengkel. Apalagi, kalau kita tidak mengerti maksudnya. Nah, hal ini dalam bahasa Inggris bisa dikatakan dengan ungkapan “beat around the bush”. Artinya, berhentilah berbasa-basi.

Contoh ungkapan ini adalah:

 They might say things and try to make you guess or lead you to it yourself with phrases!!! So you tell them STOP BEATING AROUND THE BUSH and just get to the point

(mereka mungkin saja berbicara tidak langsung dan memaksamu mengerti maksudnya. Jadi, katakan pada mereka, berhentilah berbasa basi dan langsung saja katakan maksudnya)

8.    Give me a hand
Ungkapan ini berarti berikan saya pertolongan. Dengan kata lain, ini adalah ungkapan untuk meminta tolong kepada orang lain. Ketika Anda butuh bantuan orang lain, Anda bisa mengatakan, “Can you give me a hand?” (Bisakah kamu menolong saya)

9.        Come on

Ungkapan ini sudah tidak asing lagi bukan? Ungkapan ini memang sering sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Come on bisa diartikan sebagai, ayo cepat.

Contoh.

Come on stop doing that (ayolah berhenti melakukannya!)
Come on you can do it (Ayolah kamu bisa melakukannya!)

10.  Fat chance

Dari semua ungapan di atas, mungkin ini yang masih kurang populer. Fat chance berarti sangat memungkingkan. Namun jangan salah, ungkapan ini justru berarti sebaliknya. Ungkapan ini adalah cara yang kasar untuk mengungkapkan bahwa sesuatu tidak mungkin terjadi.

Contohnya:

There is a fat chance of our team wining as we performed really very well. (Pasti tim kita menang karena mainnya bagus banget!)

Padahal maksud ungkapan di atas adalah, tim kita mainnya jelek sekali. Jadi, mana mungkin bisa menang.

Nah, itulah 10 ungkapan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa menambahkan?

Comments