5 Struktur Dasar Kalimat Bahasa Inggris



Setelah mengetahui unsur-unsur pembentuk kalimat, kali ini akan kita pelajari struktur kalimat dasar dalam bahasa Inggris. Secara umum, struktur kalimat dasar dalam bahasa Inggris ada 5 pola, yaitu:

1.    Subject + Verb

Ini struktur kalimat paling simpel dan mudah. Hanya terdiri dari 1 subject dan 1 verb. Contoh kalimatnya adalah:

-       I go.
-       They swim.
-       She runs.
-       The dog barks.
-       We leave.


Anda bisa mencoba membuat kalimat dari struktur sederhana seperti ini. Meski sangat sederhana, pola kalimat ini banyak kita jumpai pada bahasa lisan ataupun tulisan. Jadi, cobalah berlatih sebanyak-banyaknya membuat kalimat dengan pola ini.

2.    Subject + Verb + Object

Pola kalimat ini masih terbilang simple dan mudah, yaitu hanya menambahkan object setelah pola kalimat yang pertama. Contoh kalimat ini adalah:

-   I drive a car.
-   Rendi is playing guitar.
-   They ate dinner.
-   She reads a book.
-   He loves basketball.

Perhatikan bahwa kata kerja (verb) yang digunakan dalam pola ini selalu membutuhkan object, sehingga pola kalimatnya menjadi S+V+O.

3.    Subject + Verb + Complement

Pada pola kalimat ini, kata kerja (Verb) berupa to be atau kata kerja intransitif, yaitu kata kerja yang tidak membutuhkan object. Untuk mengetahui kata kerja tersebut membutuhkan object atau tidak, caranya cukup mudah, yaitu dengan mengecek bahwa kalimat tersebut tidak bisa menjadi kalimat pasif (berawalan di-). Contohnya:

-       I am a doctor (to be)
-       She was a teacher (to be)
-       She looks fine (intransitive verb)
-       They became students (intransitive verb)

Perhatikan pada kalimat 3 dan 4, fine dan students tidak berfungsi sebagai object, melainkan complement. Sebab, kedua kalimat itu tidak bisa diubah menjadi kalimat pasif.

4.    Subject + Verb + O1 + O2

Pada pola kalimat ini, ada dua object setelah verb. Object 1 adalah indirect object (objek tidak langsung) dan Object 2 adalah direct object (object langsung).

-       I gave her a gift.
-       She teaches us English.

Perhatikan pada kedua kalimat di atas, her dan us berfungsi sebagai indirect object serta gift dan English sebagai direct object. Cirinya adalah, indirect object adalah object yang menjawab pertanyaan to whom (kepada siapa), for whom? (untuk siapa), for what? (untuk apa). Sedangkan direct object menjawab pertanyaan what (apa) atau whom (siapa).

5.   Subject + Verb + Object + Complement

Pola kalimat ini sedikit rumit dibandingkan dengan 4 pola sebelumnya. Soalnya, di sini ada 2 unsur setelah subject dan verb, yaitu object dan complement. Complement di sini berbeda dengan object seperti pada pola nomor 4. Contoh kalimat ini sebagai berikut:

-        I left the door open
-        We elected him president
-        They named her Jane

Pada tiga kalimat di atas, kata setelah object berfungsi sebagai complement. Untuk membedakannya dengan pola kalimat nomor 4, pada pola kalimat ini hanya ada satu object, sehingga sisanya adalah complement.

Comments